Welcome On My Blog

Jumat, 21 Oktober 2011

Federasi Aero Sport Indonesia (FASI)


Aeromodelling

Aeromodelling adalah kegiatan olahraga dirgantara yang terkait dengan perencanaan, perancangan, pembuatan, dan penerbangan pesawat model. Sedangkan pesawat model adalah pesawat udara tak berawak dengan batasan-batasan tertentu yang meliputi batasan ukuran pesawat, batasan mesin dan batasan bentuk. Pesawat tak berawak untuk untuk keperluan pengintaian atau untuk misi ke luar angkasa oleh misalnya oleh militer atau badan luar angkasa, akan disebut sebagai Pesawat tak Berawak atau UAV, Unmanned Air Vehicle dan tidak termasuk pada kategori aeromodelling.
Di Indonesia, aeromodelling sudah ada sejak tahun 1945 bersamaan dengan dirintisnya pembuatan pesawat layang pertama di Yogyakarta ( Aeromodeller dan Pandu Udara ) dan berkembang ke kota-kota besar, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Solo. Dalam perkembangannya aeromodelling tidak lepas dari peran TNI AU sampai sekarang. Lebih lengkapnya, mengenai sejarah aeromodelling bisa dibaca di artikel "Sejarah Aeromodelling".


Organisasi

PORDIRGA Aeromodelling FASI adalah sebuah organisasi olah raga dirgantara yang merupakan alat organisasi dari PB FASI (Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia) yang menangani bidang Aeromodelling dengan wewenang nasional. Organisasi inil juga membawahi Pengda-pengda Aeromodelling di seluruh Indonesia. Club-club aeromodelling, berdiri dibawah naungan masing-masing Pengda. Struktur organisasi PB FASI bisa dilihat sbb :



Struktur Organisasi PB FASI








Kegiatan


Sebagai olahraga yang dinamis dan berkembang, PORDIRGA Aeromodelling secara rutin meyelengrakan kegiatan-kegiatan nasional seperti :


  • Kejurnas
  • Kwalifikasi PON
  • PON
  • Rakernas
  • Munas
  • Pembinaan wasit



    Pelaku

    Pada saat kelahirannya, aeromodelling diperkenalkan oleh TNI AU dan sekarang berkembang luas menjadi olah raga dirgantara yang didalamnya terdiri dari segala macam unsur masyarakat, ada pelajar, mahasiswa, profesional, TNI dan lainnya. Seiring dengan meningkatnya perkembangan komunitas pelaku aeromodelling, maka bermunculan pula penyedia peralatan aeromodelling baik itu penjual maupun pembuat. Para pelaku aeromodelling ini biasanya membentuk kelompok-kelompok yang berbentuk club aeromodelling untuk menampung kegiatan dirgantara aeromodelling.




    Pengurus Pordirga Aeromodelling PB FASI
    PERIODE 2006 - 2010

    Dewan Penasehat : Nicholas The, Erlangga Satria Agung, Mayor (purn) Mulyono
    Penasehat Keselamatan : Letkol (Lek) Farrid Hidayat HD, ST
    Ketua : Marsekal Madya ( Purn ) Purnomo Sidhi
    Wakil Ketua : Ir. Arya Sidharta
    Sekretaris : Yan Fajar Azwar
    Bendahara : Ridwan Tejalesmana
    Bidang Organisasi : Eka Satria, Bambang Agus S
    Bidang Komersil : Frans D Sutadji
    Bidang Prestasi : Ferry Iriandi, Benny Limanhadi
    Bidang Humas : Letkol ( PNB ) Fajar S, Benny Salimulana
    Bidang Kegiatan : Yuyus Bekoming, Joose M. Widjojo



    1 komentar:

    Sebelum keluar, komentar dong, gak asik ah....
    Tinggal klik komentar....