Welcome On My Blog

Sabtu, 22 Oktober 2011

Aeromodelling



Pengertian Aeromodelling

Aeromodelling adalah suatu kegiatan yang melibatkan unsur-unsur dari mulai perencanaan, pembuatan, pengetesan, sampai pada penerbangan pesawat model.

Pesawat aeromodelling adalah pesawat model yang lebih berat dari udara dengan ukuran-ukuran terbatas, baik bermotor/ bermesin maupun yang tidak dapat diawaki oleh manusia. Orang yang terlibat dalam kegiatan aeromodelling disebut aeromodeller. Kriteria sebagai penyandang predikat aeromodeller harus mampu mengetahui, mengerti, dan menguasai ilmu dasar pendukung, misalnya : aerodinamika, ilmu gaya, fisika, dan lain sebagainya. Juga mampu berkarya (desain dan menerbangkan).

Awal dimulai kegiatan aeromodelling bermula sejak jaman dahulu dimana orang yang mencintai kegiatan udara mencoba dan berusaha bisa terbang dengan cara meniru olax seta. Dalam kenyataannya mereka banyak mengalami kegagalan dikarenakan mereka belum mengenal aerodinamika.

Aerodinamika adalah salah satu cabang dinamika fluida yang mempelajari aspek-aspek yang terjadi akibat pergerakan benda di udara. Adapun Airfoyle adalah suatu struktur yang membuat pesawat bisa terbang didesain untuk memperoleh reaksi udara yang ada pada wing, rudder, dan elevator.

Dari jaman ke jaman perkembangan aeromodelling bertahap mulai membaik pada tahun 1947 pertama kali dimulainya. Bapak Wiwieko Nurtanio telah berusaha serta berhasil membuat pesawat terbang 1 mesin dan pesawat tanpa mesin.


1 komentar:

Sebelum keluar, komentar dong, gak asik ah....
Tinggal klik komentar....